Kepala BP Batam M Rudi Optimis,  Pembangunan Jalan Batu Ampar-Batu Besar Akan Berdampak Pada Kemajuan Ekonomi Batam

82

Desaintoday.com, Batam || Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi meninjau progres pembangunan dan peningkatan ruas jalan arteri yang menghubungkan Batuampar hingga Batubesar, Nongsa, Selasa (14/03/2023).

Rudi meyakini, pembangunan ruas jalan yang menghubungkan Batu ampar hingga Batu besar bakal majukan perekonomian Batam.

“Sengaja hari ini saya cek ke lapangan, karena saya ingin tahu, apakah lebar jalan ini sudah sesuai dengan gambar dan DED (Detail Engineering Design) atau Rancang Bangun Rinci yang telah kita siapkan,” ujar Rudi yang juga Wali Kota Batam, usai peninjauan di lapangan di depan Imperium.

Rudi menjelaskan, sesuai dengan DED yang telah ditetapkan, jalan tersebut yang mulanya dua, tiga hingga empat lajur akan dilebarkan menjadi lima lajur.

Selanjutnya, nantinya di sepanjang jalan itu juga akan disiapkan lahan untuk pohon jati emas. “Kita mau ukur pas atau tidak. Kita takut keliru, dan jika pohon jati tumbuh akan jadi masalah ke depannya,” kata Rudi.

Setelah melakukan pengukuran langsung dengan alat Total Station, Rudi mengungkapkan, seluruh pembangunan yang dimulai sejak 5 Januari 2023 itu telah sesuai dengan rencana.

Suami Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj Marlin Agustina ini berharap, pembangunan jalan ini tidak menemui kendala hingga bisa selesai tepat waktu pada 31 Desember 2023 mendatang.

“Kita kontrol hari ini, berapa progres yang sudah berjalan hampir tiga bulan ini. Waktunya tinggal sembilan bulan lagi. Kita berharap Desember jalan sampai ke bandara sudah selesai semua,” tuturnya.

Ia menambahkan, pembangunan dan peningkatan ruas jalan arteri tersebut akan terus digesa meskipun terkendala cuaca hujan yang turun beberapa waktu lalu.

Sementara, kondisi cuaca yang saat ini semakin membaik, Rudi berharap tidak ada lagi kendala yang membuat penyelesaian jalan ini jadi terlambat.

Baca juga :   Wagub Kepri Marlin Agustina, Apresiasi Kreativitas Dengan Semangat Nasionalisme

Untuk itu, ia meminta kepada Plt Direktur Infrastruktur Kawasan BP Batam Ponco Indro Subekti serta Kepala Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan BP Batam, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Muhammad Gazali Djajasasmita, untuk terus mengawasi pembangunan ini.

“Saya kembangkan ini agar ekonomi Batam semakin maju lagi. Kalau sudah maju, masyarakat akan memiliki kesempatan untuk lebih baik, mari kita sambut pembangunan ini,” pungkasnya.(red).