Kombes Jefri Siagian Tangkap 2 Orang Oknum BP Batam Terkait Mafia Tanah

81

Dirkrimum Polda Kepri Kombes Jefri Siagian ungkap kasus mafia tanah, Selasa (11/4/2023)

Desaintoday.com, Batam || Kombes Pol Jefri Siagian berhasil menangkap 2 orang oknum Badan Pengusahaan (BP) Batam terkait penerbitan sertifikat kavling bodong di Tanjung Piayu, Kota Batam.

Tindak pidana ini berhasil diungkap menjelang dilaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kepri, Kombes Pol Jefri Siagian. 

Kombes Pol Jefri mengatakan, penangkapan ini berdasarkan hasil kerjasama Tim Satgas Mafia Tanah Kepri yang terdiri dari berbagai instansi.

Ia mengatakan, penangkapan ini berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa diduga adanya kavling di kawasan Kampung Manggis, Tanjung Piayu yang terindikasi bodong dan diterbitkan oleh 2 oknum dari BP Batam.

“Dari laporan tersebut, tim turun ke lokasi dan melakukan pengembangan. Dari situ tim berhasil mendapatkan indikasi bahwa warga setempat membeli kavling di lokasi tersebut melalui dia oknum BP Batam,” kata Jefri, Selasa (11/4/2023).

Setelah mendapati informasi itu, Jefri mengungkapkan bahwa tim langsung melakukan pendalaman dan berhasil menangkap tersangka S yang merupakan anggota Ditpam BP Batam dan HA yang merupakan anggota perairan BP Batam pada 9 April 2023 lalu.

Selain itu, turut diatangkap 3 orang lainnya berinisial LP, AM dan AG. Tiga orang tersebut berperan dalam membantu 2 oknum tersebut untuk melancarkan aksinya.

“Jadi modusnya dua oknum BP Batam ini menerbitkan sertifikat palsu dari BP Batam tanpa sepengetahuan pejabat yang bersangkutan. Keduanya menerbitkan sertifikat dengan tahun mundur mulai dari 2012 hingga 2015,” ujarnya.

Lanjut Jefri, sejauh ini terdapat 34 korban pembelian kavling bodong di lokasi tersebut dengan kerugian setiap orangnya mulai dari Rp 20 juta hingga ratusan juta.

Baca juga :   Kepala BP Batam Berkomitmen Hadirkan LRT Sebagai Transportasi Publik yang Modern

“Total kerugiannya Rp 3 miliar. Penindakan ini merupakan wujud tim satgas Mafia Tanah Kepri hadir untuk melakukan penindakan dan pencegahan terhadap para mafia tanah yang ada di Kepri, khususnya Batam,” pungkasnya (**)