KPU Tetapkan Alokasi Dapil Dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kepri Pada Pemilu 2024

98

Desaintoday.com, Tanjungpinang ||  KPU Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Sosialisasi dan Evaluasi Tahapan Penyusunan Daerah Pemilihan dan telah ditetapkannya Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Acara ini sendiri dihadiri oleh Ketua Komisi I Bobby Jayanto, bertempat di Hotel CK Tanjungpinang, pada hari Selasa, (28/03/2023).

Anggota KPU Provinsi Kepri Arison menyatakan dapil dan alokasi kursi DPRD pada Pemilu 2024 masih sama dengan Pemilu 2019.

Ketetapan itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPR, DPD, DPRD Pemilu 2024.

“Itu artinya rancangan perubahan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD yang kami ajukan belum diakomodasi KPU RI,” kata Arison dalam acara sosialisasi dapil dan alokasi kursi anggota DPRD serta dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dan DPRD Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Selasa.

Sebelumnya, kata Arison, KPU Provinsi Kepri telah mengusulkan rancangan perubahan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepri untuk Pemilu 2024 ke KPU RI dengan melakukan dua kali uji publik di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Adapun perubahan yang diusulkan, yakni khusus dapil Kota Batam meliputi tiga dapil.

Meski demikian, usulan perubahan itu tidak disetujui oleh KPU RI dengan beberapa alasan, antara lain, masih dalam masa transisi, pertumbuhan penduduk yang tidak signifikan, hingga penolakan dari sejumlah partai politik yang tidak menginginkan kursi calon anggota legislatif  (caleg) mereka berubah.

“Kalau alokasi kursinya berubah, tentu si caleg harus membina konstituen yang baru, sementara konstituen yang dibina sebelumnya akan merasa kecewa karena ditinggal wakilnya pindah ke dapil lain,” ungkap Arison.

Baca juga :   Bhayangkari Bintan Berikan Dukungan Kepada Personel Polri yang Bertugas

Dengan ditetapkannya dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Provinsi Kepri menjelang Pemilu 2024, lanjut dia, partai politik sudah punya acuan untuk menghitung jumlah caleg mereka, begitu pula dengan pemenuhan kuota 30 persen caleg perempuan.

Menurut dia, pendaftaran calon anggota DPRD Provinsi Kepri bakal diumumkan akhir bulan April 2023. Selanjutnya pada tanggal 1 sampai 15 Mei 2023, akan dimulai pendaftaran calon anggota DPRD Provinsi Kepri, termasuk DPD RI.

“Makanya, kami gelar sosialisasi hari ini guna memberikan kepastian kepada partai politik untuk menyambut Pemilu 2024,” ucap Arison.

Arison menyebutkan Dapil Kota Batam yang terdiri atas tiga dapil tetap mendapat jatah 25 kursi, yakni Dapil A 10 kursi, Dapil B 10 kursi, dan Dapil C 5 kursi. Sebelumnya, diusulkan perubahan Dapil A 10 kursi, Dapil B 11 kursi, dan Dapil C 4 kursi.

Untuk dapil dan alokasi kursi anggota DPRD provinsi Kepri di enam kabupaten/kota lainnya, meliputi Dapil Kota Tanjungpinang 5 kursi, Kabupaten Karimun 6 kursi, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga 6 kursi, dan Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna 3 kursi. “Total keseluruhan alokasi kursi DPRD Provinsi Kepri tetap 45 orang dengan jumlah pemilih sekitar 2,1 juta jiwa,” demikian Arison.

Sumber : humasdprdkepri
Editor : rml008