Pengusaha Asal Minang Nadirman, Terpilih Jadi Ketua Umum ILUNI UNP

222

Drs. Nadirman, MM saat menjadi pemateri dalam seminar nasional yang dilaksanakan ILUNI UNP di Padang, Sabtu (11/3/2023).

Desaintoday.com, Padang || Pengusaha asal Minang Drs. Nadirman, MM sukses di Batam Kepri, Alumni Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FPTK IKIP Padang/FT UNP angkatan 1988 terpilih menjadi Ketua Umum ILUNI UNP periode 2023-2028. Ketua ILUNI FT UNP 2019-2023, ini terpilih secara aklamasi dalam Mubes V ILUNI UNP, Sabtu (11/3/2023) di kampus UNP Air Tawar Padang.

Dalam sidang pleno pemilihan yang berlangsung Sabtu sore, berdasarkan nama-nama yang masuk dari pemegang mandat yakni DPD-DPD ILUNI UNP seluruh Indonesia, hanya satu nama yang mengerucut sebagai calon Ketum ILUNI. Dan pimpinan sidang akhirnya mengetok palu, setelah mendapat persetujuan dari pemilik hak suara, untuk menyatakan bahwa, Nadirman terpilih secara aklamasi.

Nadirman sendiri, ketika terpilih sebagai Ketua Umum ILUNI, menyatakan siap melanjutkan estafet kepemimpinan lima tahun mendatang dan berjanji menyusun ‘kabinet’ dalam dua pekan mendatang.

“Saya juga siap berkolaborasi dengan pimpinan UNP dan semua alumni UNP yang mencapai angka hampir 200 ribu orang ini, guna memberikan sumbangsih bagi kemajuan almamater tercinta,” katanya singkat dalam pidatonya dihadapan peserta Mubes V.

Lantas siapakah sosok Nadirman? Ia merupakan anggota Majelis Wali Amanah (WMA) UNP utusan ILUNI UNP yang berjumlah 17 orang. Ia merupakan seorang pengusaha profesional yang kini punya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, termasuk robotik dan lainnya di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan Cikarang, Provinsi Jawa Barat.

Di awal karirnya, Nadirman bekerja di salah satu perusahaan asing PT.Epson Batam. Dia pun sukses berkarir dari bawah hingga level pimpinan. Pada akhirnya, pria asal Kamang Mudiak, Kabupaten Agam itu mendirikan perusahaan sendiri.

Baca juga :   Jasa Raharja Samsat Kepri Laksanakan Operasi Dalrikwas Di Simpang Galael Batam Center

Meskipun sibuk dengan dunia kerja memimpin perusahaan yang memiliki cukup banyak tenaga kerja, tapi Nadirman juga perhatian terhadap organisasi sosial dan kemasyarakatan, termasuk organisasi alumni. Dia aktif di DPW Iluni FT UNP Kepri. Berikutnya pada tahun 2018, pria yang suka golf itu dia diamanahkan menjadi Ketua Umum DPP Iluni FT UNP untuk periode 2018-2022.

Nadirman menggantikan Drs. H. Armon Bahar, M.PdT yang menjabat Ketua Umum DPP Iluni FT UNP periode 2014-2018. Armon Bahar adalah alumni Teknik Elektro FPTK IKIP Padang angkatan 1983, atau satu angkatan dengan Prof. Ganefri, Ph.D. Armon juga seorang pengusaha di Batam. Armon Bahar dan Nadirman adalah dua sosok yang loyal dan juga royal dalam memperhatikan organisasi alumni. Mereka selalu siap untuk alumni dan almamater UNP.

Dunia industri yang dijalani Nadirman sejalan dengan kebutuhan UNP yang juga membutuhkan industri sebagai partner dalam pengembangan kampus. Chemistry pun terbangun antara Nadirman dan Rektor UNP Prof. Ganefri. Hingga akhirnya beberapa program kerja sama antara perusahaan Nadirman dan UNP pun berjalan dengan baik.

Kini, pucuk pimpinan ILUNI UNP sudah ditangan Nadirman. Kiprah lelaki murah senyum ini ditunggu para alumni di kampus UNP.

Untuk diketahui DPP Iluni UNP telah dipimpin oleh empat ketua umum. Periode pertama dipimpin oleh Prof. Dr. Syofyarma Marsidin, M.Pd (dari Fakultas Ilmu Pendidikan/FIP), ketua umum periode kedua Drs. H. Marlis, MM (dari Fakultas Teknik UNP), ketua umum periode ketiga Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si (dari Fakultas Ilmu Olahraga/FIK ) dan ketua umum periode keempat dijabat Drs. H. Ali Mukhni, dari Fakultas Ilmu Olahraga/FIK.(red).