Sosialisasi 4 Pilar, Richard Pasaribu: Tugas Kita Menjadi Duta Untuk Memperkuat Semangat Nasionalisme

93

Desaintoday.com, Batam || Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bekerjasama dengan Forum Rakyat Peduli Kepri, Rabu, (22/03), menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan di Aula SMK MTS Batam.

Acara sosialisasi itu dihadiri langsung oleh Anggota DPD RI Perwakilan Kepri, Bapak Dr. Richard H Pasaribu, B.Sc., M.Sc, berserta tokoh-tokoh  Forum Rakyat Peduli Kepri dari setiap kecamatan yang ada di Kota Batam.
Dasar pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini adalah Undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD Pasal 15 ayat 1.

Dr. Richard Hamonangan Pasaribu, menilai penting dilaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika, kepada masyarakat. Menurutnya, keempat fondasi bangsa tersebut menjadi pegangan bagi masyarakat Indonesia ke depan.

“Berdasarkan pengalaman yang kami jalani selama ini dalam kunjungan ke berbagai daerah, persoalan intoleran masih mengemuka di tengah-tengah masyarakat, makanya sosialisasi Empat Pilar MPR ini masih sangat kita butuhkan,” papar Richard.

Dr. Richard Pasaribu menjelaskan bahwa masih ada sekelompok orang yang belum bisa menerima perbedaan yang ada di tengah-tengah masyarakat yang majemuk, sehingga memaksakan kehendak dengan melarang umat tertentu untuk beribadah atau membangun rumah ibadah.

“Ada sekelompok orang yang masih tega melarang sesama anak bangsa untuk beribadah atau membangun rumah ibadah, itu artinya nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar ini belum terinternalisasi bagi semua rakyat Indonesia,” tambah Richard.

Kemudian Dr. Richard Pasaribu mengajak semua tokoh yang tergabung dalam Forum Rakyat Peduli Kepri untuk menjadi duta di tengah-tengah masyarakat dalam upaya penguatan semangat nasionalisme.

“Kita semua harus tampil di tengah masyarakat sebagai duta yang bertugas memperkuat semangat nasionalisme kebangsaan kita. Ketika berhadapan dengan kelompok intoleran kita tidak boleh takut, justru kita harus mampu memberikan pemahaman yang baik akan nilai-nilai yang ada di dalam empat pilar kebangsaan ini kepada mereka,” pungkas Richard.

Baca juga :   Gubernur Kepri Ansar Kunjungi Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Sementara itu, Jhonson Siregar selaku koordinator Forum Rakyat Peduli Kepri mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Dr. Richard Pasaribu dalam rangka membumikan nilai-nilai kebangsaan di Kepulauan Riau.

“Kita sangat apresiasi atas semua upaya yang dilakukan Pak Richard dalam mengawal setiap tindakan intoleransi yang terjadi di Kepri ini, bukan hanya mengadakan sosialisasi tapi juga turun langsung mengadvokasi setiap kejadian tindak intoleran. Semoga Pak Richard semakin dikuatkan dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan dari DPD RI dan MPR RI,” ungkap Jhonson.(rml008)