Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Richard Pasaribu Ajak Warga Batam Tangkal Terorisme

258

Desaintoday.com, Batam || Anggota DPD RI Perwakilan Kepulauan Riau, Dr. Richard Pasaribu mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada warga Batam yang tergabung dalam Forum Rakyat Harapkan Perubahan di Batam pada Kamis (26/5/2022).

Dalam paparannya Richard Pasaribu menyampaikan bahwa ketahanan nasional bangsa Indonesia harus terus diperkuat dengan memahami lebih dalam mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Ketahanan nasional kita harus terus diperkuat, karena tantangan yang kita hadapi sebagai satu bangsa Indonesia begitu banyak, diantaranya maraknya intoleransi dan radikalisme,” papar Richard.

Richard Pasaribu mengingatkan bahwa Batam belum bersih dari paham radikalisme dan gerakan intoleransi, hal itu dibuktikan dengan penangkapan empat tersangka terorisme dari jaringan Jamaah Islamiyah oleh Densus 88 Polri belum lama ini di Batam.

“Izin mendirikan gereja masih sangat sulit kita dapatkan, kemudian ada tersangka terorisme yang ditangkap di kota ini (Batam,red). Semua ini menjadi bukti bahwa negara kita sedang tidak baik-baik saja,” terangnya.

Oleh sebab itu, Richard Pasaribu berpesan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan keluarga dengan kebersamaan dan kesolitan serta kerukunan. Perlu diketahui, Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa, dengan banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yakni bangsa Indonesia.

“Mari kita tananamkan jiwa nasionalisme, kita juga harus berpikiran terbuka dan toleran, kemudian waspada terhadap provokasi dan hasutan dan kita jalankan aktivitas keagamaan dengan toleran,” pintanya.

Sementara itu, Sahat Lubis salah seorang tokoh Forum Rakyat Harapkan Perubahan menyampaikan bahwa saat ini terkesan kurang maksimalnya penegakan hukum dan ada pembiaran sehingga intoleransi dan radikalisme bisa berkembang.

“Jangan sampai ada pembiaran dan hukum harus ditegakkan, agar intoleransi dan radikalisme tidak bisa berkembang,” tegas Sahat.

Baca juga :   Kadiskominfo Batam sampaikan Responsif dan Taat Azas Terkait Penanganan Warga Terdampak Puting Beliung

Sosialisasi ini digelar di Aula SMK Management Systems, adapun warga yang tergabung di dalam Forum Rakyat Harapkan Perubahan adalah perwakilan setiap kecamatan yang ada di Kota Batam.