Polres Asahan Bersama Forkopimda Gelar Apel Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2021

211

Desaintoday.com, Asahan – Dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Asahan bersama Forkopimda Asahan menggelar apel pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2021, Kamis (23/12/2021) pukul 09.00 Wib.

Bertempat di lapangan Apel Polres Asahan, apel gelar pasukan ini dipimpin Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos, M.Si dengan menyampaikan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa selama 10 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 s/d tanggal 02 Januari 2022, Polri menyelenggarakan Ops Lilin 2021 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara Humanis serta Penegakan Hukum secara Tegas dan Profesional.

“Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842, personil TNI serta 55.086 personil Instansi terkait lainnya. Dimana personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain lain,”kata Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos, M.Si.

Pengamanan ini, disampaikan Wakil Bupati tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin biasa. “Sehingga menjadikan kita cenderung underestimated dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi covid 19, saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster cluster baru penyebaran covid-19,”ujarnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, dikatakan Wakil Bupati, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus di antisipasi seperti ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, dan penyalahgunaan narkoba.

“Untuk itu saya harapkan seluruh kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat efektif dan efisien,” pintanya.

Baca juga :   Komitmen Kepala BP Batam Bangun Infrastruktur Modern

Selain itu Wakil Bupati juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, dengan siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME, dan lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika serta fenomena yang berkembang.

“Sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022,” terangnya.

Diakhir amanatnya, Wakil Bupati menyampaikan Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi Catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak.

Dikesempatan itu, Wakil Bupati Asahan menyematkan pita operasi lilin toba tahun 2021 kepada setiap perwakilan petugas pos lilin secara simbolis.

Sementara ditempat yang sama, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pengamanan di gereja Asahan juga melibatkan pemuda lintas Agama.

“Selain TNI Polri dan Satpol PP, pengamanan gereja di Asahan turut melibatkan pemuda lintas agama untuk memberikan semangat kebersamaan dan semangat kekeluargaan,”ucapnya.

Hadir dalam pelaksanaan apel pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2021, diantaranya Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin S. Sos.Msi, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira Sik MH, Dandim 0208/AS
Letkol INF. Sri Marantika Beruh S Sos, Danyon 126 Kala Cakti Mayor Inf Dwi Widodo, Dan Sub Denpom 1 ¼ Kisaran Kapten Zulkifli Panjaitan, Mewakili Danlanal Tj Asahan Kapten Laut (P) Irwan S.S. Nelso Pasi Intel Lanal, Waka Polres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar SH MH, Para PJU dan Perwira Polres Asahan, Ketua PN Kisaran Nelson Angkat SH MH, Mewakili Kejari Asahan Jasron Malau.

Baca juga :   Setelah Diperbaiki, Rudi Resmikan Penggunaan Kembali Pelabuhan Belakangpadang

Kemudian dihadiri Danki III Pelopor Brimob Tj. Balai Ipda H. Lion, Mewakili Kakan Kemenag Asahan Muhammad Nasib, Ketua FKUB Kab. Asahan H. Humaidi Syamsuri Pane, Plt Kadis Kesehatan Kab. Asahan Dr Hari Sapna, Kadis Perhubungan Kab. Asahan Muhammad Yusuf Lubis, Kasat Pol PP Kab. Asahan Sofian Manulang, Kepala BPBD Kab. Asahan Asrul Wahid, Kakan Kesbang Kab. Asahan H. Naldo Tambunan, Ketua Senkom Kab. Asahan Jumadi, Ketua FKUB Asahan berbagai Agama.

Sedangkan para peserta barisan yang mengikuti Apel Gelar Pasukan diantaranya dari personil Polres Asahan, personil TNI AD Kodim 0208 Asahan, personil TNI Yonif 126 KC Asahan, personil TNI AL TB Asahan, personil Denpom 1¼ Asahan, personil Sat Brimob Kompi III/B, personil Sat Pol PP Kab. Asahan, Dishub Kab. Asahan, BPBD Kab. Asahan, Dinas Kesehatan.

Sejumlah kendaraan turut dihadirkan pada saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan diantaranya Ranmor Patroli Sabhara, Ranmor Patroli Sat Lantas, Ranmor Ambulance Polri, Ranmor Ambulance Pemkab Asahan, Ranmor Pemadam BPBD Asahan, Ranmor Dishub Asahan.(RML).